Memahami dan Menjelaskan Konsep Fromm Mengenai Kesehatan Mental
Fromm adalah ahli teori pertama yang dibicarakan sampai sekarang yang menyamakan kesehatan psikologi dan kesehatan mental dengan kebahagiaan. Kebahagiaan merupakan suatu bagian integral dari kepribadian sehat, bukan suatu hasil sampingan yang terjadi kebetulan. Kebahagiaan merupakan hasil dari kehidupan produktif dan membantu serta memajukan juga tingkat-tingkat produktifitas yang lebih tinggi. Kebahagiaan sungguh-sungguh merupakan suatu bagian dari kehidupan sehat sehingga dapat diambil sebagai bukti dari tingkat kesehatan psikologis yang telah dicapai seseorang. Fromm mengembangkan dan memperhalus teorinya sendiri tentang kepribadian. Sistemnya menggambarkan kepribadian sebagai yang ditentukan oleh kekuatan-kekuatan sosial yang mempengaruhi individu dalam masa kanak-kanak dan juga kekuatan-kekuatan historis yang telah mempengaruhi perkembangan spesies manusia.
A. Kepribadian yang sehat menurut Fromm
Kepribadian sehat menurut Erich fromm adalah penyesuaian diri seseorang dalam masyarakat merupakan kompromi antara kebutuhan-kebutuahn batin dan tuntutan dari luar dan seseorang menerapkan kerakter sosial untuk memenuhi harapan masyarakat kepribadian sehat juga adanya keinginan untuk mencintai dan di cintai.
Fromm telah memberikan suatu gambaran jelas tentang kepribadian yang sehat.
- Orang yang demikian mencintai sepenuhnya,
- Kreatif,
- Memiliki kemampuan-kemampuan pikiran yang sangat berkembang,
- Mengamati dunia dan diri secara objektif,
- Memiliki suatu perasaan identitas yang kuat,
- Berhubungan dengan dan berakar didunia,
- Subjek atau pelaku dari diri dan nasib, dan
- Bebas dari ikatan-ikatan sumbang.
Selain itu juga ia menyebut kepribadian yang sehat yaitu : orientasi produktif, yakni suatu konsep yang serupa dengan kepribadian yang matang dan orang yang mengaktualisasikan diri. Dengan menggunakan kata “orientasi”, Fromm menunjukan bahwa kata itu merupakan suatu sikap umum yang meliputi semua segi kehidupan, respons intelektual, emosional, dan sensoris terhadap orang-orang, benda-benda, dan peristiwa-peristiwa, di dunia dan juga terhadap diri. Fromm melihat kepribadian hanya sebagai suatu produk kebudayaan. Karena itu dia percaya bahwa kesehatan jiwa harus didefinisikan menurut bagaimana baiknya masyarakat menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan dasar semua individu, bukan menurut bagaimana baiknya individu-individu menyesuaikan diri dengan masyarakat.
Kesehatan psikologis dan mental tidak begitu banyak merupakan usaha individu jika dibandingkan dengan usaha masyarakat. Faktornya ialah bagaimana suatu masyarakat memuaskan secukupnya kebutuhan-kebutuhan manusia. Suatu masyarakat yang sehat membiarkan anggota-anggotanya mengembangkan cinta satu sama lain, menjadi produktif, dan kreatif. Mempertajam dan memperhalus tenaga pikiran dan objektivitas timbulnya individu-individu yang berfungsi sepenuhnya.
Fromm percaya bahwa kita semua memiliki suatu perjuangan yang melekat pada diri kita untuk kesehatan dan kesejahteraan emosional, suatu kecenderungan bawaan untuk kehidupan yang produktif, untuk keharmonisan dan cinta. Kesehatan jiwa dan mental pada kopdrat masyarakat berarti mengemukakan definisinya sendiri tentang kesehatan jiwa ini dapat berbeda-beda sesuai dengan waktu dan tempat yang berbeda. Seperti contoh tingkah laku dianggap tepat atau sehat kalau menabung dan menimbun. Perkembangan dari kepribadian sehat historisnya, Fromm melukiskan hakikat keadaan manusia sebagai kesepian dan ketidakberartian. Fromm berbicara tentang pembagian eksistensi dan pembagian dalam kodrat manusia sebagai akibat dari evolusi kita dari binatang-binatang yang lebih rendah suatu proses yang membiarkan kita menjadi sungguh-sungguh tetapi mengorbankan rasa aman dan rasa memiliki. Menurut Fromm kita adalah makhluk yang unik dan kesepian. Tidak seperti tingkah laku binatang, tingkah laku kita terikat pada mekanisme instinktif. Fromm percaya bahwa kerekatan antara kebebasan dan keamanan ini terulang dalam sejarah spesies manusia, dan juga dalam perkembangan setiap manusia.
Dalam setiap sejarah yang berturut-turut karena manusia semakin bebas dari tekanan sosial dan agama yang kaku jurang antara kebebasan dan keamanan menjadi lebih lebar. Masalah dasar yang menantang kita semua adalah menemukan suatu pemecahan terhadap dikotomi-dikotomi dalam eksistensi kita dan menemukan bentuk-bentuk baru kesatuan dengan alam dengan orang-orang lain, dan diri sendiri. Seluruh eksistensi manusia ditentukan oleh pilihan yang tak terelakan antara “ regresi dan progresi”. Sebagai organisme yang hidup kita didorong untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan fisiologis dasar akan kelaparan, kehausan, dan seks yang mendoronhg semua. Kita lebih fleksibel dalam memuaskan kebutuhan ini, kebutuhan tersebut juga tidak berbeda antara diri kita yang lebih rendah. Semua manusia sehat dan didorong oleh kebutuhan-kebutuhan tersebut.
Orang yang mempunyai kepribadian sehat dapat memuaskan kebutuhan psikologisnya secara kreatif dan produktif. Sedangkan orang yang sakit dapat memuaskan kebutuhan-kebutuhannya dengan cara irasional. Fromm mengemukakan lima kebutuhan antara lain :
1. Hubungan
2. Transedensi
3. Berakar
4. Perasaan identitas
5. Kerangka orientasi.
Kita telah membicarakan cara-cara yang sehat dari pemuasan lima kebutuhan dalam teorinya. Teori ini memberikan kita suatu ide tentang kodrat kepribadian yang sehat. Dan cara yang sehat untuk memuaskan kebutuhanini ialah individualitas proses dimana seseorang mencapai suatu perasaan tertentu. Sejauh mana masing-masing mengalami suatu perasaan yang unik tentang diri tergantung pada bagaimana kita berhasil memutuskan ikatan-ikatan sumbang dengan keluarga,suku, atau bangsa kita.
B. Pengertian Dasar Teori Dari Fromm
Teori Erich fromm adalah teori yang menggunakan pendekatan sosial psikologis dimana pemusatan perhatianya pada penguraian cara-cara dimana struktur dan dinamika masyarakat tertentu telah membentuk para anggotanya sehingga karakter tiap anggota tersebut sesuai dengan hasil yang ada pada masyarakat. Fromm mengembangkan teorinya bahwa manusia menjadi semakin bebas dari abad ke abad maka mereka juga makin merasa kesepian. Jadi kebebasan menjadi keadaan yang negative dari mana manusia melarikan diri.
Pengertian kepribadian sehat dan produktifitas benar-benar menghasilkan sesuatu dan merupakan hasil yang sangat penting dari orang yakni diri :
-] Dengan orang-orang yang sehat menciptakan diri mereka dengan melahirkan semua potensi,
-] Dengan menjadi semua menurut kesanggupan mereka,
-] Dengan memenuhi semua kapasitas mereka.
Dan ada empat segi kepribadian yang sehat dapat membantu menjelaskan apa yang dimaksut Fromm dengan orientasi produktif. Keempat segi itu adalah :
Cinta yang produktif : Suatu hubungan manusia yang bebas dan sederajat dimana partner dapat mempertahankan individualitas mereka.
Pikiran yang produktif : Meliputi kecerdasan, pertimbangan, dan objektivitas.
Kebahagiaan : Merupakan suatu bagian integral dan hasil kehidupan yang berkenaan dengan orientasi produktif, kebahagiaan itu menyertai seluruh kegiatan produktif.
a. Suara Hati otoriter : Penguasa dari luar yang diinternalisasikan yang memimpin tingkah laku orang itu.
b. Suara Hati Humanistik : Suara dari diri dan bukan dari suatu perantara dari luar.
Untuk memahami bagaimana hal ini terjadi kita harus membicarakan alternative lain yang dikemukakan oleh Fromm yakni :
1. Orientasi reseptif Ex : kebudayaan budak dimana budak-budak hanya dapat bertindak secara reseptif dan pasif terhadap tuannya.
2. Orientasi eksploitatif Ex : masyarakat totaliter atau fasis suatu lingkungan dimana pemimpin pemimpin yang kuat dan bersifat menguasai memerintah dengan kekerasan.
3. Orientasi penimbunan Ex : masyarakat yang membantu perkembangan tata susila penghematan dari orang protesan inggris yang fanatic dan dimana kerja keras serta penghematan merepakan keutamaan, mengembangkan orientasi ini.
4. Orientasi pemasaran Ex : kualitas-kualitas iuran senyum, ramah, kelihatan sebagai orang-orang baik, tertawa atas lelucon lebih penting daripada kualitas dalam.
Fromm tidak menguraikan tingkah laku yang khusus dari orang tua yang bertanggung jawab terhadap timbulnya mekanisme pelarian diri ini. Tetapi ia menunjukan dengan jelas pentingnya cara orang tua memperlakukan anak untuk kesehatan psikologis & mental khususnya selama 5 thn pertama kehidupan. Interpretasi Fromm tentang sumber dari kepribadian sehat menekankan pengaruh yang kuat dari kekuatan sosial, ekonomi, dan politik pada individu. Pada peranan sosial dalam membentuk kepribadian ditunjang oleh bacaan tentang sejarah dan pengalaman pribadi kita.
Pendirian Fromm memberikan harapan kepada kita semua. Perjuangan bawaan untuk kesehatan mental yang sangat kuat. Tentu kekuatan mental yang menghambat produktivitas membuktikan bahwa timbulnya gangguan emosional dalam zaman kita meningkatkan tetapi kesehatan, dan cinta kadang-kadang menang atas perlawanan yang keras tsb. Kepribadian produktif dari Fromm seperti berpijak dengan kuat pada kenyataan. Orang yang sehat mengamati dunia secara objektif, tidak seperti orang yang berfungsi sepenuhnya. Orang yang produktif tidak hidup dalam dunia subjektif buatan mereka sendiri tetapi berada dalam dan dari dunia yang nyata. Keputusan diambil dan dipilihan diadakan bukan nanya karena dirasa baik tetapi karena tampaknya secara logis tepat dan benar.
Kepribadian sehat Fromm yang saya rasa menarik adalah perjuangan kita untuk mengembangkan dan memenuhi semua kemampuan kita. Orang sehat dan produktif yg kuat dan sepenuhnya menggunakan,merentangkan memperpanjangkan, dan mengembangkan kualitas yang unik. Saya melihat perasaan untuk mengontrol dan menguasai diri sendiri dan nasib sendiri. Fromm menegaskan sekali lagi petunjuk ini dalam suatu kerangka observasi-observasi psikoanalitis tentang individu dan interpretasi sendiri tentang sejarah manusia. Jadi, kepribadian yang sehat dan produktif memimpin dan mengatur diri sendiri.
C. Ciri-ciri Kepribadian Sehat
Cinta yang produktif cinta yang produktif menyangkut empat sifat yang menantang perhatian, tanggung jawab, respek dan pengetahuan. Mencintai orang-orang lain berarti memperhatikan (dalam pengertian memelihara mereka), sungguh-sungguh memperhatikan kesejahteraan mereka, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka.
Pikiran yang produktif Pikiran yang produktif meliputi kecerdasan, pertimbangan, dan objektivitas. Pemikir produktif didorong oleh perhatian yang kuat terhadap objek pikiran. Pemikir yang produktif dipengaruhi olehnya dan memperhatikannya. Fromm percaya bahwa semua penemuan dan wawasan yang hebat melibatkan pikiran objektif, dimana pemikir-pemikir didorong oleh ketelitian, dan perhatian untuk menilai secara objektif seluruh masalah.
Kebahagiaan Kebahagiaan merupakan prestasi yang paling hebat.
Suara hati Fromm membedakan dua tipe suara hati otoriter dan suara hati humanistis.
Source:
Schultz D.Psikologi Pertumbuhan.Model-model Kepribadian Sehat. Yogyakarta: Kanikus , 1991.
Drs.Sumandi Suryabrata. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Rajawali Pers, 1982
Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey. Psikologi Kepribadian 1 , Yogyakarta : Kanisius, 1993.
Suryabrata, S. (2003). Psikologi Kepribadian. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
http://nove03scorpio.blogspot.com/2012/04/teori-kepribadian-sehat-pendapat-erich.html
0 komentar:
Posting Komentar